Main Dishes

FirstPrev12345NextLast
  • Kepiting Saus Tiram

    Kepiting Saus Tiram

    Kepiting memang salah satu jenis binatang laut yang menggiurkan untuk dimasak. Kepiting bisa dibilang merupakan primadona olahan seafood. Bahkan seringkali jadi menu mewah di resto seafood. Meski daging kepiting memang sedikit, tapi rasanya tak kalah nikmat dengan daging ayam dan sapi. Nah, daripada repot kalau mau makan kepiting harus ke restoran dan bayar mahal, lebih baik coba sendiri cara memasak kepiting sendiri di rumah yuk. Cara memasak kepiting ternyata tak sesulit yang dibayangkan lho. Tertarik mencobanya? Berikut ini tips dan cara memasak kepiting yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (31/10/2018).
  • Steak Daging Rumahan

    Steak Daging Rumahan

    Kita semua pasti sudah tahu kalau steak bukanlah makanan yang berasal dari Indonesia. Meski demikian, hampir semua orang sepertinya sudah mengenal jenis makanan ini. Steak sapi atau beef steak cukup diminati di negara ini dan bisa dijumpai di berbagai menu dari restoran ataupun kafe. Steak sendiri juga memiliki beberapa varian, bisa beef steak atau steak sapi dan juga steak ayam. Namun, salah satu bahan dasar dari pembuatan steak tentu saja daging yang mana dilumuri dengan saus steak yang gurih dan lezat. Saus steak juga mengalami banyak perkembangan. Dan saus steak di sini memiliki andil yang sangat besar bagi para pecinta steak karena dari rasa saus steak itulah yang menjadi kunci dari kelezatan hidangan satu ini. Dikarenakan steak biasa disajikan di restoran, tak sedikit orang mengurungkan niatnya untuk membuat hidangan ini. Selain itu, banyak yang berpikir kalau membuat steak terlihat sulit. Padahal, membuat steak sederhana di rumah juga bisa lho. Penasaran kan? Berikut cara membuat saus steak sederhana di rumah yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (31/10/2018).
  • Bakso Ikan Lele

    Bakso Ikan Lele

    Liputan6.com, Jakarta Bakso merupakan salah satu makanan Indonesia yang paling digemari oleh seluruh kalangan. Mulai anak-anak hingga orang dewasa. Menurut KBBI, bakso merupakan makanan yang terbuat dari daging sapi, udang, ikan yang dicincang dan dilumatkan bersama tepung kanji dan putih telur, biasanya dibentuk bulat-bulat. Di Indonesia sendiri banyak macam bakso, ada yang terbuat dari daging sapi, ayam, ikan, dan masih banyak lagi. Bahkan kini bakso tidak lagi hanya bulatan daging namun bisa diisi dengan macam-macam. Bisa diisi telur puyuh, telur ayam, cabai, sambal, sosis, hingga keju. Dalam penyajiannya, bakso umumnya disajikan panas-panas dengan kuah kaldu sapi bening, dicampur mi, bihun, taoge, tahu, terkadang telur dan ditaburi bawang goreng dan seledri. Bakso sangat populer dan dapat ditemukan di seluruh Indonesia, dari gerobak pedagang kaki lima hingga restoran besar. Cara membuat bakso sendiri merupakan seni kuliner yang berakar dari budaya kuliner masyarakat Tionghoa. Buktinya berada pada penamaan makanan satu ini: bak-so. Bakso memiliki makna harafiah yakni daging giling. Dikarenakan Indonesia yang memiliki mayoritas masyarakat beragama muslim, cara membuat bakso di Indonesia biasanya menggunakan daging yang halal, misal daging sapi, ayam, kambing, ataupun ikan. Bakso yang terbuat dari daging sapi memang sangat umum kita jumpai di berbagai tempat. Namun untuk harga daging sapi sendiri sering tak menentu dan bisa membuat alternatif lain dengan membuat bakso ikan. Bakso ikan sendiri memiliki rasa yang gurih dan juga biasa menggunakan daging ikan tenggiri, ikan lele, ikan kakap, ikan tuna atau jenis lainnya. Yang paling utama tentu bahan utama resep bakso ikan yang digunakan harus benar-benar ikan segar dan kualitasnya baik. Hampir semua daging ikan yang berwarna putih, seperti ikan patin, ikan kerapu, ikan tenggiri, ikan tuna bahkan ikan lele pun bisa dengan mudah diproses menjadi bakso ikan yang enak dan lezat. Yang paling penting daging ikan tersebut harus segar dan mempunyai tekstur yang kenyal dan tidak lembek supaya bakso ikan kuah yang dibikin nanti hasilnya juga menjadi kenyal dan nikmat disantap. Satu lagi yang paling penting adalah daging ikan yang digunakan harus benar-benar bersih dari duri ikan. Nah, kalau kamu sedang pengen makan bakso ikan tapi nggak mau ribet ke pasar untuk mencari ikan tenggiri atau lainnya, kamu bisa coba dengan ikan lele. Ya, seperti yang kita ketahui ikan lele sangat mudah didapatkan. Penasaran cara membuatnya? Berikut cara membuat bakso ikan lele yang kenyal dan gurih seperti Liputan6.com rangkum, Selasa (30/10/2018).
  • Seblak Ceker

    Seblak Ceker

    Liputan6.com, Jakarta Seblak adalah makanan Indonesia, merupakan makanan khas dari Sunda, Jawa Barat yang bercita rasa gurih dan pedas. Terbuat dari kerupuk basah yang dimasak dengan sayuran dan sumber protein seperti telur, ayam, atau olahan daging sapi, dimasak dengan bumbu tertentu. Seblak kini menjadi makanan jajanan jalanan yang digemari berbagai kalangan masyarakat terutama di daerah Jawa Barat dan Jabodetabek. Seblak disajikan di rumah makan dan warung, serta dijajakan di gerobak pedagang keliling. Makanan yang bertekstur kenyal ini memiliki rasa yang pedas dan menyegarkan, serta memiliki beberapa variasi, baik rasa maupun bahan tambahan juga kemasan. Walau terkenal di Jawa Barat khususnya Bandung, namun beberapa sumber menyebutkan Seblak berasal dari daerah Sumpiuh, Jawa Tengah, karena sangat mirip dengan makanan rakyat kecil dari Sumpiuh yaitu krupuk godog yang sudah populer sejak tahun 1940-an. Seblak juga sudah ada di daerah Cianjur bagian selatan sejak dari sebelum kemerdekaan. Saat ini cara membuat seblak memiliki dua jenis yaitu seblak kering dan seblak basah. Cara membuat seblak kering sebenarnya mirip dengan kerupuk pedas pada umumnya. Seperti basreng (bakso goreng), ceker goreng, makaroni, kerupuk pedas, kerupuk mie pedas dan lain sebagainya. Sedangkan cara membuat seblak basah, dibuat dengan kuah pedas gurih dengan aroma kencur yang khas. Varian seblak pun kini sudah bermacam-macam, tak hanya mi dan kerupuk basah saja, namun bisa ditambah sayap ayam, sosis, bakso, makaroni, tulang ayam, dan tentu saja yang paling favorit adalah ceker ayam. Nah, bagaimana cara membuatnya, dirangkum liputan6.com dari berbagai sumber Jumat (19/10/2018), ini dia resepnya
  • Sambal Goreng Udang

    Sambal Goreng Udang

    Selain bepergian, Anda dapat menikmati akhir pekan dengan orang-orang terkasih di rumah. Kebersamaan tersebut tentu akan terasa kian lengkap dengan menu mengunggah selera, seperti sambal goreng udang. Siap-siap merasakan sensasi pedas dan gurih ketika mencicipi sajian ini. Untuk membuatnya pun membutuhkan bahan-bahan yang mudah ditemukan dan proses pembuatan super ringkas. Berikut resep sambal goreng udang seperti dirangkum Fimela.com seperti di bawah ini.
  • Ayam Goreng Bawang Putih Pedas Manis

    Ayam Goreng Bawang Putih Pedas Manis

    Kamu pasti merasa bosan kan dengan resep masakan ayam itu-itu saja. Pada artikel ini akan coba hadirkan resep masakan ayam sederhana dengan rasa yang enak. Dijamin setelah membaca dan mengikuti resep masakan ayam ini, orang yang awalnya enggak ada selera makan, jadi tergugah ingin makan. Daripada penasaran, yuk langsung simak saja resep masakan ayam yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (3/3/2019).
  • Ayam Goreng Mentega

    Ayam Goreng Mentega

    Daging ayam adalah salah satu bahan makanan yang bisa diolah menjadi berbagai masakan lezat dan menggugah selera. Dengan bumbu yang sangat sederhana, daging ayam bisa berubah jadi masakan super lezat. Selain itu dibanding bahan makanan lain seperti daging sapi atau ikan, daging ayam yang palimg mudah ditemukan saat berbelanja. Harga daging ayam yang lebih murah dibanding dengan daging sapi, membuatnya menjadi pilihan favorit lauk di rumah.
  • Kari Sayuran dan Bakso Sapi

    Kari Sayuran dan Bakso Sapi

    BAGI Anda yang masih belum memiliki ide memasak apa untuk siang ini, kari sayuran dan bakso sapi sepertinya bisa menjadi alternatif pilihan Anda. Bahannya yang mudah dicari, ditambah rasanya yang nikmat, membuat makanan ini cocok dihidangkan saat makan malam bersama anggota keluarga. Berikut resep dan cara membuat kari sayuran dan bakso sapi sebagaimana dilansir Instagram @rasasayange.
  • Ayam Tinoransak

    Ayam Tinoransak

    OLAHAN ayam memang selalu bisa menggoyang lidah dan menariknya ayam menjadi bahan makanan yang paling praktis untuk dikreasikan menjadi berbagai hidangan lezat. Untuk membuat hidangan berbeda dari biasanya, Anda bisa mengkreasikannya dengan membuat Ayam Tinoransak. Makanan ini bisa menjadi pilihan tepat untuk makan malam hari yang menggugah selera bersama keluarga. Membuat dan bahan yang digunakan pun cukup mudah. bahaBerikut resep membuat Ayam Tinoransak seperti dikutip dari akun Instagram @masaktv.
  • Ayam Pedas Jahe Rempah

    Ayam Pedas Jahe Rempah

    AYAM Pedas Pekat Jahe menawarkan rasa yang tak hanya sekadar pedas, tetapi kuat dengan rempah, khususnya rasa jahe yang begitu kuat terasa. Makanan ini pun bisa menjadi pilihan tepat untuk makan siang hari ini. Berikut resep membuat Ayam Pedas Pekat Jahe untuk makan malam seperti dikutip dari akun Instagram @rasasayange.
FirstPrev12345NextLast
Submit Recipe
Promotion Calendar
MEDIA COVERAGE
Kompas
Detikcom
Liputan6
Tempo
OkeZone
KabarBisnis
TeknoJurnal
GoodNewsFromIndonesia
WartaKotaLive
TDWClub
IndonesiaKreatif
DailySocial
TheJakartaPost
BisnisIndonesia
Bloomberg
Reuters
CrackBerry
Yahoo
CBSMoneyWatch
MarketWatch
AFP
AboutDotCom
CentroOne
DreamersRadio