Liputan6

FirstPrev12345NextLast
  • Mashed Potato

    Mashed Potato

    Budaya Belanda memang tak bisa terlepas dari sejarah panjang Indonesia. Selama Belanda menjajah Indonesia, turut pula memengaruhi budaya di Indonesia. Di Era Kolonial Belanda, tidak hanya bangunan yang terbawa pengaruh Belanda, dari segi kuliner pun banyak dipengaruhi oleh budaya dari Belanda. Sehingga tidak heran jika kamu banyak menemui makanan olahan khas Eropa di Indonesia. Salah satu jenis kuliner Eropa adalah beefsteak. Jika kamu pernah mencicipi beefsteak, maka kamu tak akan melewatkan menu pendampingnya yakni mashed potato atau kentang tumbuk. Mashed potato ini adalah sajian dari kentang tumbuk yang diolah kembali. Mashed potato yang mengandung karbohidrat ini memang cocok disajikan sebagai pelengkap sajian seperti beefsteak. Nah, kentang tumbuk atau mashed potato dalam pengolahannya dicampur dengan keju untuk menghasilkan rasa gurih nan lembut. Selain sebagai pendamping beefsteak, mashed potato dijadikan sebagai menu sarapan atau taburan daging asap. Dengan teksturnya yang lembut dan rasanya yang gurih, membuat mashed potato ini banyak digemari orang. Perlu diketahui, tidak semua kentang dapat dijadikan sebagai mashed potato. Kentang yang digunakan untuk cara membuat mashed potato adalah kentang yang memiliki kadar pati tinggi, tidak lembek atau berair saat dihaluskan. Biasanya para koki memilih kentang tes atau yang berumbi tua dengan tekstur daging kenyal untuk cara membuat mashed potato. Sedangkan jika kentang yang masih muda dagingnya cenderung masih empuk dan lembek sehingga saat ditumbuk akan berair. Cara membuat mashed potato memang terlihat mudah. Namun, kalau kamu tidak melakukannya dengan benar, cita rasa kentang akan hilang dan cara membuat mashed potato mungkin tidak halus seperti yang kamu beli. Hal tersebut dapat terjadi karena beberapa faktor kesalahan dalam pembuatannya. Cara membuat mashed potato juga cocok bagi kamu yang sedang diet. Dari pada harus setiap hari ke restoran untuk menikmati mashed potato, lebih baik membuatnya sendiri di rumah. Untuk keberhasilan dalam cara membuat mashed potato ini, kamu harus menghindari beberapa hal seperti salah dalam memilih kentang, tidak memberi garam, air yang terlalu panas, menambahkan cream dan butter yang terlalu dingin, overworking. Berbeda dengan kebanyakan jenis sayur lainnya, dalam membuat mashed potato kamu tidak perlu menggunakan air yang terlalu panas. Pasalnya, air yang terlalu panas akan membuat kentang matang tidak rata, hal ini akan menyulitkanmu saat menghaluskannya. Sedangkan cream dan butter yang terlalu dingin terlalu dingin tidak akan diserap dengan baik oleh kentang, sehingga cita rasa cream butter pada cara membuat mashed potato akan hilang. Untuk penyajiannya, kamu dapat menambahkan daging asap cincang, keju parut, dan seledri cincang sebagai pendamping untuk sajian sarapan anda. Mashed potato sangat nikmat jika disajikan saat masih hangat. Beriku cara membuat mashed potato dirangkum Liputan6.com, Rabu (31/10/2018)
  • Kepiting Saus Tiram

    Kepiting Saus Tiram

    Kepiting memang salah satu jenis binatang laut yang menggiurkan untuk dimasak. Kepiting bisa dibilang merupakan primadona olahan seafood. Bahkan seringkali jadi menu mewah di resto seafood. Meski daging kepiting memang sedikit, tapi rasanya tak kalah nikmat dengan daging ayam dan sapi. Nah, daripada repot kalau mau makan kepiting harus ke restoran dan bayar mahal, lebih baik coba sendiri cara memasak kepiting sendiri di rumah yuk. Cara memasak kepiting ternyata tak sesulit yang dibayangkan lho. Tertarik mencobanya? Berikut ini tips dan cara memasak kepiting yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (31/10/2018).
  • Kimchi Sawi Putih

    Kimchi Sawi Putih

    Kamu salah satu penyuka dunia K-Pop dan berbagai acaranya? Korea memang tidak ada habisnya untuk dibicarakan. Mulai dari musiknya yang sangat populer, serial dramanya yang selalu berhasil menghanyutkan emosi penggemarnya, hingga aneka makanan khas Korea. Kamu mungkin sering menemukan berbagai makanan Korea yang menarik perhatian dan sepertinya enak untuk dimakan. Salah satunya yang paling umum adalah kimchi. Kimchi yang sering muncul dalam adegan di drama-drama Korea Selatan terbuat dari beberapa jenis sayuran yang dicampur dengan pasta cabai lalu didiamkan selama beberapa hari sampai citarasanya berubah menjadi asam. Kimchi yang merupakan sejenis acar berbahan sayuran dari Korea belakangan mulai digemari di Indonesia. Macam dan variasinya sangat banyak. Meski banyak jenis sayur yang dapat dibuat menjadi kimchi, namun kimchi sawi putih adalah yang paling terkenal. Berwarna merah terang dengan rasa yang asam dan sedikit pedas, kimchi sawi menjadi makanan yang wajib ada untuk melengkapi beragam sajian makanan saat sarapan, makan siang, maupun makan malam. Tak mengherankan jika kimchi menjadi salah satu ikon kuliner yang sangat populer di Korea. Sekarang kamu nggak perlu jauh-jauh ke Korea untuk mencicipi kimchi yang lezat. Ternyata bisa membuat sendiri kimchi yang tak kalah lezatnya di rumah. Bahan-bahannya juga mudah didapatkan, yang terpenting adalah kesabaran dan ketelatenan agar hasil jadi kimchi sempurna. Berikut cara membuat kimchi sawi putih ala drama Korea yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (26/10/2018).
  • Mochi Es Krim

    Mochi Es Krim

    Mochi merupakan salah satu makanan tradisional dari Jepang yang terbuat dari beras ketan yang ditumbuk hingga halus dan lengket kemudian dibentuk bulat. Kue Jepang yang satu ini memiliki tekstur yang sangat lembut dan kenyal sehingga banyak orang yang menyukainya. Di Jepang, kue mochi seringkali disajikan ketika perayaan Tahun Baru Jepang yang dikenal sebagai perayaan Mochitsuki. Dengan adanya Mochitsuki, jadi tak aneh lagi jika Orang Jepang menamai kue bentuk imut dengan warna yang cerah ini sebagai ‘Mochi’. Walaupun begitu, kue mochi juga sering menjadi kue wajib dalam perayaan-perayaan dan hari spesial lainnya di Jepang. Selain terkenal di Jepang, saat ini kue mochi juga terkenal di Indonesia, khususnya di daerah Jawa Barat seperti Puncak Bogor, Sukabumi, Cianjur, Bandung dan lain sebagainya. Cara membuat mochi ala Indonesia tak jauh beda dengan resep kue mochi ala Jepang lho. Perbedaan terletak di bentuk serta pengemasannya yang sedikit berbeda. Di antara perbedaan itu adalah jika di Jepang, kue mochi biasanya memiliki ukuran sebesar kepalan tangan kecil. Sedangkan untuk di Indonesia kue mochi hanya memiliki ukuran sebesar kelereng saja yang dibungkus ke dalam kerang bambu kecil yang berisi sekitar 10 butir kue mochi. Kue mochi yang asli pada umumnya diisi dengan adonan kacang tanah manis yang legit. Namun karena banyaknya inovasi saat mengolah mochi, kini mochi memiliki beberapa variasi isian yang menggoda. Mulai dari mochi gula merah, mochi cokelat, mochi keju, mochi nutella, mochi green tea, mochi strawberry, mochi srikaya, mochi pisang, mochi nangka dan mochi es krim yang kini tengah hits. Mochi es krim ala Jepang saat ini memang sudah banyak dijual beberapa tempat di Indonesia. Namun sayangnya mochi es krim ini baru dijual di mal-mal dengan harga yang super mahal. Padahal bahan-bahan yang dibutuhkan dalam mochi es krim ala Jepang ini terjangkau di mana-mana. Dan cara membuatnya pun cukup mudah dibuat sendiri di rumah. Berikut cara membuat mochi es krim yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (31/10/2018).
  • Steak Daging Rumahan

    Steak Daging Rumahan

    Kita semua pasti sudah tahu kalau steak bukanlah makanan yang berasal dari Indonesia. Meski demikian, hampir semua orang sepertinya sudah mengenal jenis makanan ini. Steak sapi atau beef steak cukup diminati di negara ini dan bisa dijumpai di berbagai menu dari restoran ataupun kafe. Steak sendiri juga memiliki beberapa varian, bisa beef steak atau steak sapi dan juga steak ayam. Namun, salah satu bahan dasar dari pembuatan steak tentu saja daging yang mana dilumuri dengan saus steak yang gurih dan lezat. Saus steak juga mengalami banyak perkembangan. Dan saus steak di sini memiliki andil yang sangat besar bagi para pecinta steak karena dari rasa saus steak itulah yang menjadi kunci dari kelezatan hidangan satu ini. Dikarenakan steak biasa disajikan di restoran, tak sedikit orang mengurungkan niatnya untuk membuat hidangan ini. Selain itu, banyak yang berpikir kalau membuat steak terlihat sulit. Padahal, membuat steak sederhana di rumah juga bisa lho. Penasaran kan? Berikut cara membuat saus steak sederhana di rumah yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (31/10/2018).
  • Lasagna Kukus

    Lasagna Kukus

    Lasagna merupakan salah satu hidangan khas Italia yang sangat populer di seluruh dunia. Lasagna atau Lasagne adalah pasta yang dipanggang di oven diisi dengan banyak isian lainnya seperti daging, sayur-sayuran, ayam, makanan laut dan sebagainya sesuai selera. Makanan yang kaya akan kandungan protein berasal dari keju dan daging cincang. Tidak hanya bisa ditemukan di restoran Italia, saat ini kamu dapat dengan mudah menemukan membeli lasagna di penjual makanan di kaki jalan, food truck, dan kafe-kafe kecil. Meskipun sering dianggap bukan kelompok pasta, fakta mengatakan bahwa lasagna merupakan jenis pasta paling tua yang telah ada sejak zaman Romawi kuno. Lasagna berasal dari Kota Naples, sama dengan tempat pertama kali pizza ditemukan. Lasagna merupakan kata pengganti majemuk untuk lasagne yang berarti satu lembar lapisan pasta. Karena keterbatasan bahan baku, adonan lasagna tradisional yang dibuat di wilayah selatan Italia menggunakan gandum semolina dan air, sedangkan di wilayah utara Italia, tidak menggunakan semolina melainkan telur dan tepung terigu. Resep lasagna pertama kali tercatat pada abad ke-13, di mana pada masa tersebut masyarakat Eropa belum mengenal jenis tanaman tomat, sehingga dapat dipastikan bahwa saus tomat yang digunakan pada resep lasagna saat ini tidak digunakan pada masa tersebut. Jika biasanya mengolah lasagna dengan cara di panggang, maka kini bisa mencoba dengan cara dikukus. Penasaran? Berikut cara membuat lasagna kukus yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (31/10/2018).
  • Nugget Tahu Wortel Ayam

    Nugget Tahu Wortel Ayam

    Liputan6.com, Jakarta Tahu memang bahan makanan yang sederhana dan harganya pun cukup murah. Banyak di antara kita yang sering menganggap bahwa makanan ini tidak begitu menarik untuk dibuat masakan buat keluarga dan tidak bergizi. Kita tahunya mungkin cuma tahu goreng, tahu sumedang, tahu bulat dan lainnya. Padahal kalau dikombinasikan dengan bumbu dan bahan yang lain, masakan tahu bisa juga menarik dan lezat lho. Seperti contoh pepes tahu dan resep nugget tahu dengan sayur wortel. Dengan bentuk baru yang lebih modern, tentu akan lebih disukai oleh anak-anak dan anggota keluarga yang lain. Cara membuat nugget tahu ini juga sangat mudah dan praktis daripada cara membuat nugget ikan, ayam dan lainnya. Selain itu, tentu nugget tahu dengan sayur wortel ini lebih sehat, rendah lemak dan sumber protein yang bagus buat sehari-hari. Berdasarkan penelitian terbaru, tahu banyak mengandung kandungan gizi yang baik lho. Sebut saja protein nabati yang lebih sehat untuk penderita kolesterol tinggi daripada protein hewani yang ditemukan di daging. Buat kamu atau keluargamu yang menderita asam urat sebaiknya mengkonsumsi olahan tahu, seperti masakan nugget tahu wortel ini untuk memenuhi kebutuhan protein sehari-hari. Selain itu, nugget tahu sayur wortel ini juga rendah kolesterol serta banyak mengandung zat besi, vitamin D, vitamin A dan lainnya. Selain tahunya, wortel dan sayuran lain yang digunakan juga banyak mengandung vitamin, mineral dan zat gizi lainnya. Dengan mengolah tahu dan sayuran menjadi nugget tahu ini, anak-anak pasti lebih menyukai dan lahap makannya. Yang harus diperhatikan, bahan-bahan yang dipergunakan harus benar-benar bersih dan bebas dari kandungan zat-zat berbahaya. Tahu yang digunakan harus benar-benar baru, bergizi dan bebas dari formalin. Berikut cara membuat nugget tahu wortel ayam yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (29/10/2018).
  • Martabak Telur Mini

    Martabak Telur Mini

    Liputan6.com, Jakarta Berbicara tentang martabak, di Indonesia sendiri terdapat dua jenis martabak yakni martabak manis dan martabak telur. Martabak manis sendiri lebih dikenal oleh mayarakat dengan sebutan terang bulan. Meskipun memiliki nama depan yang sama yakni martabak, namun nyatanya kedua martabak ini jauh berbeda baik mulai dari pembuatan, komposisi, rasa, maupun jenisnya. Martabak manis atau terang bulan merupakan sejenis kue atau roti isi selai atau keju atau meses. Beda dengan martabak telur yang merupakan makanan yang digoreng dengan membuat sendiri kulit serta isinya. Martabak manis dan martabak telur menjadi jajanan favorit bagi semua orang. Martabak telur dikenal dengan rasa yang khas, yaitu rasa yang asin dengan perpaduan sayuran dan daging. Martabak telur ini juga bisa dijadikan sebagai lauk atau bisa dimakan dengan nasi, juga bisa dimakan sebagai camilan. Penjual makanan populer ini sudah banyak tersebar di mana-mana. Selain di gerobak pedagang kaki lima, di restoran atau rumah makan pun juga turut menyediakan martabak telur sebagai menu makanan mereka. Mirip dengan ciri khas dan kebiasaan kuliner Indonesia pada umumnya, cara pembuatan dan isian martabak telur sesuai dengan ciri khas daerahnya. Tapi walaupun berbeda cita rasanya, pada umumnya di berbagai daerah, penjualnya baru berjualan menjelang malam atau sore hari, karena itu martabak telur baru bisa dinikmati menjelang malam hari. Sebab itulah kita tidak dapat merasakan kenikmatan martabak telur setiap saat. Nah supaya bisa merasakan kenikmatan martabak telur setiap waktu, kamu bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah. Bagi beberapa orang, membuat martabak telur dengan ukuran sebenarnya mungkin terasa ribet dan susah karena tidak mempunyai wajan dengan ukuran yang besar. Tapi jangan bingung dulu, masih ada cara membuat martabak mini bagi kamu yang ingin membuat martabak telur dengan simpel. Berikut cara membuat martabak telur mini yang liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (26/10/2018).
  • Takoyaki Khas Jepang

    Takoyaki Khas Jepang

    Liputan6.com, Jakarta Takoyaki merupakan salah satu makanan Jepang yang mempunyai bentuk seperti bola yang kecil dan terbuat dari tepung serta taburan katsuobushi yang disajikan dengan berbagai macam saos. Biasanya sih makanan ini isinya gurita yang diolah dengan bumbu sederhana dan saos takoyaki khas Jepang. Di era modern saat ini memang banyak sekali resep masakan Jepang yang sudah menjadi tren kuliner baru di Indonesia. Seperti contoh chicken katsu, shrimp katsu, tempura udang, teriyaki, dorayaki, takoyaki dan masih banyak lainnya. Memang tidak bisa dibantah bahwa era globalisasi saat ini membuat begitu banyak resep masakan dan makanan dari luar negara kita yang populer dan digemari masyarakat Indonesia. Dahulu sih rata-rata harga makanan Jepang tersebut relatif cukup mahal. Biasanya juga hanya ada di beberapa restoran Jepang yang ada di mal. Tetapi karena peminat dari masyarakat umum cukup banyak, maka banyak hasil modifikasi dengan bahan yang umum sehingga harganya lebih murah. Salah satu ciri khas resep masakan Jepang ini adalah serutan ikan cakalang kering atau di sana disebutnya katsuobushi. Nah di Indonesia sangat sulit sekali menemukan bahan resep takoyaki yang ini di pasaran. Namun kini sudah bisa membelinya lewat online di beberapa penjual katsuobushi yang bisa kita beli. Selain itu ciri khas kedua yaitu aonon atau sejenis rumput laut yang sudah dikeringkan. Kalau tidak ada sih sebenarnya juga bisa dihilangkan tetapi tetap saja rasa aslinya berkurang. Selain kedua macam bahan takoyaki, yang tidak kalah penting juga adalah adonan kulit takoyakinya. Adonan ini yang nantinya menyelimuti tako atau isian guritanya. Untuk isiannya sendiri kalau tidak suka gurita bisa diganti juga dengan cumi, udang, sosis ataupun keju. Yang penting jangan menggunakan isian yang citarasanya manis, nanti jadi berubah rasa takoyaki Jepang yang akan dibuat. Cara membuat takoyaki asli ala restoran Jepang sebenarnya cukup mudah dan sederhana. Tinggal mencampur bahan takoyaki yang sudah dipersiapkan dan kemudian memasaknya di pan khusus. Pan khusus ini sudah banyak dijual bebas baik di pasar tadisional maupun supermarket. Berikut cara membuat takoyaki di rumah seperti liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (25/10/2018).
  • Empek - Empek Tanpa Ikan

    Empek - Empek Tanpa Ikan

    Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tak tahu pempek atau empek empek? Makanan khas Palembang ini sudah sangat terkenal dengan cita rasanya yang menggugah selera. Makin lezat kala disantap dengan cuko yang bercita rasa manis, asam dan pedas. Menurut sejarahnya, empek empek telah ada di Palembang sejak abad ke-16. Nama pempek sendiri diambil dari kata empek-empek, atau pek-pek yang menjadi sebutan laki-laki tua pada pria Tionghoa. Berkat ketenarannya, empek empek bisa dinikmati tanpa harus ke Palembang lho. Pasalnya, saat ini hampir disetiap sudut kota ada penjaja kudapan gurih satu ini. Bahkan empek empek juga di ekspor ke mancanegara. Di antarannya Malaysia, Singapura, Vietnam, dan Thailand.
FirstPrev12345NextLast
Submit Recipe
Promotion Calendar
MEDIA COVERAGE
Kompas
Detikcom
Liputan6
Tempo
OkeZone
KabarBisnis
TeknoJurnal
GoodNewsFromIndonesia
WartaKotaLive
TDWClub
IndonesiaKreatif
DailySocial
TheJakartaPost
BisnisIndonesia
Bloomberg
Reuters
CrackBerry
Yahoo
CBSMoneyWatch
MarketWatch
AFP
AboutDotCom
CentroOne
DreamersRadio