Kimchi Sawi Putih

Liputan6
Viewed: 81
Kimchi Sawi Putih
Kamu salah satu penyuka dunia K-Pop dan berbagai acaranya? Korea memang tidak ada habisnya untuk dibicarakan. Mulai dari musiknya yang sangat populer, serial dramanya yang selalu berhasil menghanyutkan emosi penggemarnya, hingga aneka makanan khas Korea. Kamu mungkin sering menemukan berbagai makanan Korea yang menarik perhatian dan sepertinya enak untuk dimakan. Salah satunya yang paling umum adalah kimchi. Kimchi yang sering muncul dalam adegan di drama-drama Korea Selatan terbuat dari beberapa jenis sayuran yang dicampur dengan pasta cabai lalu didiamkan selama beberapa hari sampai citarasanya berubah menjadi asam. Kimchi yang merupakan sejenis acar berbahan sayuran dari Korea belakangan mulai digemari di Indonesia. Macam dan variasinya sangat banyak. Meski banyak jenis sayur yang dapat dibuat menjadi kimchi, namun kimchi sawi putih adalah yang paling terkenal. Berwarna merah terang dengan rasa yang asam dan sedikit pedas, kimchi sawi menjadi makanan yang wajib ada untuk melengkapi beragam sajian makanan saat sarapan, makan siang, maupun makan malam. Tak mengherankan jika kimchi menjadi salah satu ikon kuliner yang sangat populer di Korea. Sekarang kamu nggak perlu jauh-jauh ke Korea untuk mencicipi kimchi yang lezat. Ternyata bisa membuat sendiri kimchi yang tak kalah lezatnya di rumah. Bahan-bahannya juga mudah didapatkan, yang terpenting adalah kesabaran dan ketelatenan agar hasil jadi kimchi sempurna. Berikut cara membuat kimchi sawi putih ala drama Korea yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (26/10/2018).
Category: Appetizers

Ingredients

  • 4 buah Sawi Putih ukuran besar
  • 60 gr Garam Kasar
  • 2 sdm Tepung Beras
  • 2 sdm Gula Pasir
  • 2 siung Bawang Putih cacah halus
  • 2 sdt Jahe Parut
  • 1 buah Bawang Bombay iris tipis
  • 220 gr Cabai bubuk
  • 120 ml Kecap Asin
  • 480 ml Air
  • 1 buah Bawang Bombay
  • 1 buah Lobak
  • 1 buah Wortel
  • 8 btg Daun Bawang

Cara Membuat

1. Belah sawi putih menjadi dua bagian lalu cuci hingga benar-benar bersih dari kotoran yang menempel.

2. Taburi sawi yang telah dicuci dengan garam kasar hingga rata. Usahakan untuk menaburkan garam pada setiap helai daun sawi agar rasa asin dapat menyebar sempurna. Diamkan sawi selama dua jam, jangan lupa bolak-balik sawi setiap 30 menit sekali.

3. Setelah dua jam, cuci kembali sawi yang telah berubah layu dengan air bersih sampai sisa-sisa garam hilang. Tiriskan.

4. Untuk membuat pasta cabai, rebus tepung beras dengan air sampai mengental. Tambahkan gula pasir dan aduk-aduk kembali hingga adonan mendidih. Angkat lalu dinginkan hingga mencapai suhu ruangan.

5. Campur adonan dengan bawang putih, jahe, dan cabai bubuk kemudian aduk hingga semua bahan benar-benar tercampur merata.

6. Iris tipis semua sayuran pelengkap seperti bawang bombai, lobak, wortel, dan daun daun bawang lalu campur semua sayur dengan pasta cabai.

7. Lumuri sawi dengan campuran sayur dan pasta cabai sampai semua bagian sawi berwarna merah terang.

8. Masukkan kimchi mentah ke dalam wadah kedap udara lalu diamkan selama dua hari setelah itu baru bisa kamu konsumsi sebagai makanan pendamping.

0 Review

0 Reviews
0 Reviews
0 Reviews
0 Reviews
0 Reviews
Sorry, there are no review. Please write your review below.
Write a Review
Rating:
*
Headline:
*
Details:
*
Pros:
 
Cons:
 
 
 
Security Code:
*
 
 
Please type the above letters.
 
 
FirstPrev1NextLast
Submit Recipe
Promotion Calendar
MEDIA COVERAGE
Kompas
Detikcom
Liputan6
Tempo
OkeZone
KabarBisnis
TeknoJurnal
GoodNewsFromIndonesia
WartaKotaLive
TDWClub
IndonesiaKreatif
DailySocial
TheJakartaPost
BisnisIndonesia
Bloomberg
Reuters
CrackBerry
Yahoo
CBSMoneyWatch
MarketWatch
AFP
AboutDotCom
CentroOne
DreamersRadio