Takoyaki Khas Jepang

Liputan6
Viewed: 41
Liputan6.com, Jakarta Takoyaki merupakan salah satu makanan Jepang yang mempunyai bentuk seperti bola yang kecil dan terbuat dari tepung serta taburan katsuobushi yang disajikan dengan berbagai macam saos. Biasanya sih makanan ini isinya gurita yang diolah dengan bumbu sederhana dan saos takoyaki khas Jepang. Di era modern saat ini memang banyak sekali resep masakan Jepang yang sudah menjadi tren kuliner baru di Indonesia. Seperti contoh chicken katsu, shrimp katsu, tempura udang, teriyaki, dorayaki, takoyaki dan masih banyak lainnya. Memang tidak bisa dibantah bahwa era globalisasi saat ini membuat begitu banyak resep masakan dan makanan dari luar negara kita yang populer dan digemari masyarakat Indonesia. Dahulu sih rata-rata harga makanan Jepang tersebut relatif cukup mahal. Biasanya juga hanya ada di beberapa restoran Jepang yang ada di mal. Tetapi karena peminat dari masyarakat umum cukup banyak, maka banyak hasil modifikasi dengan bahan yang umum sehingga harganya lebih murah. Salah satu ciri khas resep masakan Jepang ini adalah serutan ikan cakalang kering atau di sana disebutnya katsuobushi. Nah di Indonesia sangat sulit sekali menemukan bahan resep takoyaki yang ini di pasaran. Namun kini sudah bisa membelinya lewat online di beberapa penjual katsuobushi yang bisa kita beli. Selain itu ciri khas kedua yaitu aonon atau sejenis rumput laut yang sudah dikeringkan. Kalau tidak ada sih sebenarnya juga bisa dihilangkan tetapi tetap saja rasa aslinya berkurang. Selain kedua macam bahan takoyaki, yang tidak kalah penting juga adalah adonan kulit takoyakinya. Adonan ini yang nantinya menyelimuti tako atau isian guritanya. Untuk isiannya sendiri kalau tidak suka gurita bisa diganti juga dengan cumi, udang, sosis ataupun keju. Yang penting jangan menggunakan isian yang citarasanya manis, nanti jadi berubah rasa takoyaki Jepang yang akan dibuat. Cara membuat takoyaki asli ala restoran Jepang sebenarnya cukup mudah dan sederhana. Tinggal mencampur bahan takoyaki yang sudah dipersiapkan dan kemudian memasaknya di pan khusus. Pan khusus ini sudah banyak dijual bebas baik di pasar tadisional maupun supermarket. Berikut cara membuat takoyaki di rumah seperti liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (25/10/2018).
Category: Appetizers

Ingredients

  • 150 gr Tepung Terigu Protein Rendah
  • 2 butir Telur Ayam, kocok lepas
  • 1 sdt Baking Powder
  • 120 ml Susu Cair
  • 5 gr Katauobuahi untuk campuran adonan takoyaki
  • 1 sdt Kaldu Bubuk rasa Ayam atau Sapi
  • 350 ml Air Bersih
  • 5 gr Katsuobuahi untuk taburan
  • Octopus atau gurita yang sudah masak atau direbus dan dipotong kecil
  • Mayonaise Secukupnya
  • Saus Sambal Secukupnya
  • Saus Takoyaki secukupnya (optional)

Cara Membuat

1. Rebus katsuobushi bersama dengan air yang sudah dipersiapkan sampai benar-benar mendidih dan diamkan dengan api kecil kurang lebih selama 5 menit saja.

2. Setelah itu matikan dan tunggu sebentar sampai dingin selanjutnya saring. Langkah ini bisa dilewati kalau tidak memakai katsuobushi.

3. Masukkan susu cairnya kemudian aduk bersama katsuobushi sampai tercampur rata.

4. Tuang kaldu bubuknya ke dalam wadah di atas kemudian aduk kembali sampai rata.

5. Masukkan telur ayam yang sudah dikocok lepas kemudian aduk bersama bahan adonan resep takoyaki di atas.

6. Ambil wadah baru kemudian campurkan tepung terigu protein rendah dan baking powdernya kemudian aduk-aduk kembali sampai rata.

7. Masukkan campuran tepung tadi ke dalam wadah isi susu kemudian aduk-aduk kembali sampai rata.8. Saring adonan di atas supaya tidak ada gumpalan tepung.

9. Siapkan cetakan untuk membuat takoyaki dan tunggu sampai panas. Jangan lupa olesi dahulu dengan margarin di atasnya.

10. Tuang adonan takoyaki kedalamnya sesuai selera kemudian langsung isi dengan gurita atau bahan isian lainnya.

11. Setelah matang angkat. Ulangi sampai semua resep makanan takoyaki Jepang sudah dipanggang.

0 Review

0 Reviews
0 Reviews
0 Reviews
0 Reviews
0 Reviews
Sorry, there are no review. Please write your review below.
Write a Review
Rating:
*
Headline:
*
Details:
*
Pros:
 
Cons:
 
 
 
Security Code:
*
 
 
Please type the above letters.
 
 
FirstPrev1NextLast
Submit Recipe
Promotion Calendar
MEDIA COVERAGE
Kompas
Detikcom
Liputan6
Tempo
OkeZone
KabarBisnis
TeknoJurnal
GoodNewsFromIndonesia
WartaKotaLive
TDWClub
IndonesiaKreatif
DailySocial
TheJakartaPost
BisnisIndonesia
Bloomberg
Reuters
CrackBerry
Yahoo
CBSMoneyWatch
MarketWatch
AFP
AboutDotCom
CentroOne
DreamersRadio