Kue Bolu Lemon Super Lembut

Liputan6
Viewed: 296
Kue Bolu Lemon Super Lembut
Lemon cake merupakan salah satu kue yang masuk dalam kategori kue bolu butter. Proses cara membuat kue bolu lemon ini dengan cara mengocok mentega bersama gula hingga tercampur dengan rata. Setelah itu baru, dimasukkan bahan-bahan lain satu per satu hingga adonan kue terbentuk. Walaupun banyak olahan lemon cake yang menggunakan pasta atau essense lemon. Tapi menggunakan lemon asli rasanya akan lebih mantap dan nendang. Kebayangkan aroma butter yang dipadukan dengan aroma lemon? Rasanya pasti sudah menggundang selera. Selain menggunakan fresh lemon juice (jus lemon), lemon cake ini juga menggunakan lemon zest (parutan kulit lemon). Cara membuat kue bolu lemon ini tak jauh berbeda dengan kue bolu lainnya. Jadi untuk mengambil parutan kulit lemonnya harus hati-hati sekali. Usahakan jangan sampai terkena bagian kulit yang berwarna putih, nanti hasil kuenya jadi pahit. Jadi, parutnya cukup kulit bagian yang berwarna kuning saja. Hasil akhir cara membuat kue bolu lemon ini sungguh moist sekali. Dan karena kelembutannya sebenarnya kue ini dinikmati begitu saja sudah enak banget. Tapi untuk menambah variasi rasanya bisa menambahkan lemon frostingnya sebagai pelengkap kelezatan lemon cake ini. Tentu sudah tidak kebayang lagi bagaimana super duper enaknya lemon cake lembut yang dilengkapi dengan lemon frosting. Hasilnya jadi kue yang segar dengan sedikit rasa asam yang berdominan manis. Jadi berasa sedang minum lemonade, soalnya wangi lemonnya terasa banget. Berikut cara membuat kue bolu lemon yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (06/11/2018).
Category: Pie & Cake

Ingredients

  • 230 gr Butter suhu ruang
  • 190 gr Gula Pasir
  • 1 sdt Gula Pasir
  • 4 butir Telur
  • 1 buah Lemon (parutan kulit lemon bagian luar yang berwarna kuning, jangan sampai terkena bagian putihnya)
  • 260 gr Tepung Terigu
  • 1 sdt Baking Powder
  • 60 ml Jus Lemon (Air Perasan Lemon)

Cara Membuat

1. Langkah awal panaskan oven 180 derajat celcius. Siapkan loyang lalu oles margarin dan taburi dengan sedikit tepung terigu (atau bisa juga dialasi kertas roti), sisihkan.

2. Selanjutnya campur dan ayak tepung terigu dan baking powder. Tambahkan parutan kulit lemon, sisihkan.

3. Setelah itu kocok butter dan gula pasir halus sampai lembut, kurang lebih selama 3 menit. Masukkan vanilla, kocok rata.

4. Masukkan telur satu persatu, lalu kocok sampai adonan rata di setiap penambahan telur.

5. Kemudian masukkan campuran tepung dalam 3 tahap, jadi berselang-seling dengan air lemon. Di awali dan di akhiri dengan tepung, kemudian kocok sampai rata.

6. Tuang adonan ke dalam loyang, ratakan lalu hentakkan loyang sesaat sebelum dimasukkan ke dalam oven.

7. Panggang adonan kue kurang lebih selama 40-50 menit sampai matang. Usahakan jangan overbaked, agar tekstur kue tidak kering.

8. Terakhir, keluarkan kue dari oven, balikkan di atas cooling rack lalu biarkan dingin.

0 Review

0 Reviews
0 Reviews
0 Reviews
0 Reviews
0 Reviews
Sorry, there are no review. Please write your review below.
Write a Review
Rating:
*
Headline:
*
Details:
*
Pros:
 
Cons:
 
 
 
Security Code:
*
 
 
Please type the above letters.
 
 
FirstPrev1NextLast
Submit Recipe
Promotion Calendar
MEDIA COVERAGE
Kompas
Detikcom
Liputan6
Tempo
OkeZone
KabarBisnis
TeknoJurnal
GoodNewsFromIndonesia
WartaKotaLive
TDWClub
IndonesiaKreatif
DailySocial
TheJakartaPost
BisnisIndonesia
Bloomberg
Reuters
CrackBerry
Yahoo
CBSMoneyWatch
MarketWatch
AFP
AboutDotCom
CentroOne
DreamersRadio